Cara Melancarkan Asi Menggunakan 6 Bahan Alami Ini

Cara melancarkan asi merupakan upaya utama yang selalu dilakukan seorang ibu setelah melahirkan. Karena asi sendiri merupakan asupan utama yang sangat penting dan dibutuhkan oleh bayi. Namun, sebagian ibu banyak yang mengalami kendala dengan produksi asi yang kurang lancar atau bahkan tidak keluar sama sekali. Maka dari itu, segala upaya tentunya dilakukan demi memperlancar asi.



Biasanya, cara melancarkan asi disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi daun katuk. Mulai dari dibuat sayur katuk sampai ada obat herbal yang terbuat dari ekstrak daun katuk. Tapi tentunya, ibu menyusui memang sebaiknya mengkonsumsi yang alami daripada obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Tahukah Mam? Bahwa ada banyak bahan-bahan alami lainnya yang mampu memperlancar asi untuk ibu menyusui.

Bahan-bahan alami yang mampu memperlancar asi tentunya juga sangat mudah didapatkan, karena ada di lingkungan sekitar. Bahan-bahan alami yang dapat membantu memperlancar asi adalah, sebagai berikut :

1. Bayam

Tak jauh berbeda dengan daun katuk, bayam juga memiliki manfaat yang sama untuk melancarkan asi. Bayam berguna untuk pembentukan sel darah merah pada tubuh, dan kandungan enzim phytoestrogens sangat ampuh memperlancar asi pada ibu menyusui. Kandungan vitamin B6 pada bayam juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi ketika sedang menyusui.

2. Kemangi

Sama dengan bayam, daun kemangi juga mengandung enzim phytoestrogens yang sangat membantu memproduksi asi dalam jumlah banyak. Manfaat lain pada daun kemangi selain melancarkan asi adalah, meningkatkan gerakan usus sehingga terhindar dari sembelit dan juga mampu meningkatkan nafsu makan pada ibu menyusui.

3. Pepaya

Kegunaan serta manfaat dari pepaya cukup baik untuk melancarkan asi. Bahkan, mulai dari daun, bunga, dan buah pepaya ternyata bermanfaat semua untuk memperlancar asi. Hal ini dikarenakan di dalam bunga, daun, dan buah pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, mineral, kalsium, serta enzim papain. Selain itu, kandungan air yang terdapat pada pepaya mampu mencukupi kebutuhan cairan dalam proses memproduksi asi.

4. Labu

Ternyata keluarga dari labu, seperti labu kuning, labu botol, dan labu siam memiliki manfaat dapat memperlancar asi. Ibu menyusui dapat mengkonsumsi labu dengan olahan apa pun agar lebih nikmat saat disantap. Selain itu, labu juga bermanfaat untuk ibu dan juga bayi terhindar dari masalah sembelit.

5. Kacang Almond

Kacang almond ternyata juga memiliki manfaat untuk melancarkan asi. Kacang almond mengandung zat besi, kalsium, serta protein yang mampu meningkatkan produksi asi pada ibu menyusui dalam jumlah banyak. Ibu menyusui dapat mengkonsumsi kacang almond sebagai kudapan yang memiliki manfaat cukup baik.

6. Jambu Air

Ternyata jambu air kaya akan vitamin. Kandungan yang terdapat dalam jambu air antara lain, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, serta fosfor. Vitamin A yang terdapat dalam buah jambu air memiliki fungsi untuk melindungi sistem kekebalan tubuh pada bayi, serta meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi. Dengan produksi asi yang lancar, anak akan mendapatkan manfaat dari jambu air tersebut pada saat menyusui.

Itulah beberapa bahan alami yang mampu memperlancar asi pada ibu menyusui. Dengan demikian, Mam tak perlu merasa kesulitan lagi pada saat mencari bahan-bahan alami tersebut, karena sangat terjangkau. Bagaimanapun juga, semua ibu akan selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk asi sebagai asupan terbaik untuk bayi.

Semoga upaya-upaya yang dilakukan ibu menyusui demi mencari cara melancarkan asi, dapat membuahkan hasil. Usaha sekecil apa pun yang dilakukan, merupakan sebuah kebahagiaan bagi ibu menyusui. Untuk itu, selalu dukung para ibu yang baru melahirkan untuk segera memberikan asinya kepada sang buah hati. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label