Pilih Mana Android Berbasis Baterai HP Tanam atau Biasa?

Baterai hp adalah komponen yang pasti tidak asing lagi bagi kita dimana letak keberadaannya pada hp kita. Kalian juga pasti tau dong dengan keberadaan smartphone berbasis baterai non removable alias baterai hp tanam. Meskipun masih banyak jenis ponsel yang tetap mempertahankan baterai removable. Sebenarnya antara baterai tanam dan baterai yang bisa dilepas, mana yang terbaik? Tak perlu bingung, masing-masing ponsel berbasis dua jenis baterai di atas memiliki kelebihan dan kekurangan berikut ini. 
Kelebihan dan kekurangan baterai hp tanam




Baterai hp tanam yang umum diberikan pada ponsel terkini banyak dipilih karena memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut. 

  1. Umur baterai yang lebih panjang dibandingkan baterai ponsel biasa.
  2. Tampilan ponsel lebih slim, fashionable dan ringkas sebab tidak perlu butuh tempat lebih untuk menyimpan baterai lepas.
  3. Chasing bagian belakang ponsel lebih awet sebab sim card dan memori dipasang melalui jalur kanan atau kiri hp.
  4. Pemindahan sim dan kartu memori lebih mudah sebab tidak perlu membuka tutup cover belakang dan melepas baterai ponsel.
  5. Bebas dari masalah kotoran sebab pengguna tidak perlu sering membuka dan menutup chasing bagian belakang untuk mengganti sim atau memori.

Di balik kelebihan yang dimiliki jenis baterai tanam, tentu ada kekurangan yang menyebabkan pemakaian jenis baterai ini masih mengalami pro dan kontra. Berikut detail kekurangan yang dimiliki baterai non removable.

  1. Kesulitan perawatan baterai sebab pengguna tidak bisa membuka sendiri dan membutuhkan jasa pemasangan apabila baterai mengalami masalah.
  2. Belum tersedia baterai cadangan sehingga memerlukan biaya lebih mahal untuk mendapatkan jenis baterai tanam yang sama. 
  3. Jika terjadi masalah pada ponsel kesayangan seperti hp hang, pengguna bakal mengalami kesulitan karena tidak bisa mencabut baterai tanam pada ponsel. 


Kelebihan dan kekurangan baterai hp biasa

Kecanggihan teknologi memang membuat beberapa produsen mempertimbangkan keberadaan baterai tanam yang dipercaya lebih berkualitas dibandingkan baterai ponsel biasa. Tetapi, ada beberapa produsen yang masih mempertahankan baterai biasa karena berbagai alasan. Berikut kelebihan baterai hp biasa yang wajib Anda ketahui. 

1. Mudah dilakukan penggantian baterai

Tinggal lepas baterai saja, Anda bisa langsung mengganti baterai lama yang bermasalah seperti gembung dengan baterai baru.

2. Bisa mengatasi permasalahan ponsel dengan mudah

Kesalahan penggunaan ponsel bisa terjadi kapan saja. Ya, ponsel kesayangan Anda bisa saja terendam air secara tidak sadar. Cukup lepas baterai dan keringkan ponsel, kemungkinan benda kesayangan Anda masih bisa berfungsi kembali sangat besar. 

3. Mengatasi masalah hang dalam hitungan menit

Cukup lepas baterai dan restart ulang ponsel kesayangan Anda maka bisa digunakan kembali. 

Banyak pengguna baterai biasa masih mempertahankan ponsel dengan baterai bisa dilepas karena beberapa kelebihan di atas. Toh, baterai yang bermasalah bisa langsung diganti dengan memilih jenis baterai yang sama di pasaran. Harga baterai juga relatif mulai harga murah hingga premium tergantung kebutuhan. 

Apakah baterai biasa tidak memiliki kekurangan? Kekurangan tentu menjadi pelengkap kelebihan yang dimiliki baterai removable antara lain:

1. Mudah kemasukan debu dan kotoran saat membuka dan menutup chasing belakang ponsel.
2. Tidak efisien saat ingin mengganti SIM dan kartu memori.
3. Kurang simple dan memiliki desain lebih besar
4. Rawan terjadi kerusakan chasing bagian belakang seperti patah akibat terlalu sering melepas baterai.

Namun, selama Anda melakukan perawatan baterai biasa dengan benar, jenis baterai hp ini bisa awet dan bertahan lama. Mana yang Anda pilih antara ponsel berbasis baterai tanam dan baterai biasa? 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label