Ulasan Seputar Perbedaan Helm Cross Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi pecinta otomotif, memiliki lebih dari satu koleksi motor dan perlengkapannya adalah hal yang biasa. Apalagi untuk helm yang merupakan perlengkapan wajib punya bagi pengendara sepeda motor. Saat ini ada banyak jenis helm yang dijual di pasaran. Dari yang berbentuk girly hingga yang maskulin dan sporty bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga yang sangat beragam. Salah satu jenis helm yang saat ini sedang menjadi trend adalah helm cross. Seperti namanya, jenis ini digunakan untuk keperluan motor cross atau offroad. Meski sekilas helm ini mirip dengan jenis helm full face, namun ada perbedaan yang mencolok baik dari bentuk maupun tujuan penggunaannya.


Jika Anda melihat di jajaran etalase toko helm atau di situs penjualan perlengkapan kendaraan Moladin, maka Anda akan mendapati jenis helm dengan bentuk full face namun memiliki bagian cakil atau moncong di depan mulut yang lebih panjang. Helm tersebut bukanlah jenis helm full face melainkan helm jenis cross. Cakil yang memanjang di depan mulut tersebut merupakan salah satu ciri khas helm jenis cross. Ciri khas lainnya adalah terdapat topi yang juga panjang ke bagian depan di atas helm. Kedua ciri tersebut bisa langsung mengidentifikasi jenis helm ini dibandingkan yang lainnya. ingin ciri yang lebih mudah terlihat? Helm jenis ini tidak memiliki kaca di bagian depan karena umumnya dipakai dan mengkombinasikannya dengan kacamata google.

Meski terlihat mirip dengan helm full face, namun helm cross sebenarnya memiliki fungsi yang berlainan. Helm ini ditujukan untuk penggunaan off road atau motor trail. Tanpa kaca depan memang disesuaikan dengan tujuan tersebut karena helm ini tidak didesain melawan angin seperti pada helm full face yang digunakan di jalan raya. Helm jenis cross dipakai dengan memadukan kacamata google atau kaca google untuk melindungi mata dan bagian muka dari ranting pohon dan kerikil yang beterbangan di area off road.

Bingung untuk menentukan helm jenis apa yang akan Anda beli saat ini? Hal tersebut bisa ditentukan sesuai dengan tujuan Anda menggunakan helm tersebut. Jika ingin memakai helm untuk keperluan motor trail maka jenis helm cross ini memang yang Anda butuhkan. Bagian cangkang luarnya yang kokoh dan panjang akan melindungi kepala serta wajah dari cabang ranting pohon yang banyak tumbuh di area off road. Namun jika ingin dipakai untuk aktifitas sehari-hari di jalan raya, meski helm ini terlihat gagah akan tetapi akan menyulitkan Anda. Hal ini disebabkan karena helm jenis ini lebih sempit dibandingkan helm full face. Selain itu tanpa adanya kaca depan, angin jalan raya akan masuk ke bagian muka pengemudi sehingga mengakibatkan telinga Anda bising dan mata menjadi mudah lelah.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label